Kapal Angkatan Laut India
INS Shivalik, frigate siluman India.
10 April 2010
--------------
Kapal
selam kelas Shivalik atau 17 Proyek frigat kelas multi-peran fregat dengan
fitur siluman sedang dibangun untuk Angkatan Laut India. Mereka adalah kapal
perang pertama yang dibangun di India dengan fitur tersebut. Kapal utama kelas
ditugaskan pada tanggal 29 April 2010. Kelas Shivalik (Proyek 17 dan Proyek
17A) akan
menjadi frigat utama Angkatan Laut India pada paruh pertama abad
ke-21. Semua kapal kelas sedang dibangun oleh Dock Mazagon Terbatas. Saat ini 3
Shivalik proyek kelas 17 frigat telah diselesaikan, sementara tujuh lanjut
Shivalik frigat proyek kelas 17A berada di urutan. Hal ini dipahami bahwa 2
lebih pembuluh awalnya diharapkan akan memerintahkan, tapi ini tidak lagi
jelas. Kelas dan kapal memimpin telah dinamai bukit Shivalik. Kapal berikutnya
di kelas juga dinamai bukit-rentang di India.
Sejarah
pembangunan
Angkatan
Laut India dikandung Project 17 untuk desain fregat tersembunyi yang akan
dirancang dan dibangun di India. Tiga kapal telah disetujui oleh pemerintah
pada tahun 1997, diikuti oleh Letter of Intent (LoI) untuk pembangun kapal,
Mazagon Dock Terbatas (MDL) pada bulan Februari 1998. Desain Dasar Proyek 76
dilakukan oleh Direktorat Angkatan Laut Desain Naval (DND), dengan rinci dirancang dikembangkan oleh MDL.
Sebuah Officer Cabin kapal INS Shivalik
(en), sebuah kapal siluman dioperasikan oleh Angkatan Laut India.
------------
The
DND ini desain kelas Shivalik menyerukan "5000 frigat ton siluman (Proyek
17) menggabungkan penekanan tanda tangan canggih dan fitur tanda tangan
manajemen". Tiga unit pertama secara resmi diperintahkan oleh Angkatan
Laut India pada awal 1999. Produksi dimulai sekitar dua tahun kemudian.
Penundaan akibat masukan desain dari Desain Biro Naval (NDB) untuk suite
senjata, spesifikasi perubahan pada baja lambung dan keterlambatan dalam
pengiriman kekuatan tinggi D-40S baja dari Rusia. Untuk mengatasi kekurangan
pasokan baja, DRDO dan Baja Authority of India Limited (SAIL) indigenously
dirancang dan dikembangkan baja AB-kelas yang diperlukan. Pembangunan fregat
P17 pertama dimulai dengan piring memotong pada tanggal 18 Desember 2000. Keel
dibaringkan pada tanggal 11 Juli 2001 dan kapal diluncurkan pada tanggal 18
April 2003. Dua unit lainnya kemudian akan disampaikan secara berkala dan unit
berikutnya - dua belas direncanakan dalam semua - akan dibangun dalam batch
semakin dimodifikasi. Kapal akan dibangun melalui modular-konstruksi di 172
modul.
INS fregat Shivalik di Dermaga Mazagon
Terbatas sebelum commissioning. 6 March 2009,
uploaded on 22 March 2009
--------------
Disain
P17
ini disusun sepenuhnya oleh arsitek angkatan laut India di DND sekitar tahun
1994. P17 mendahului bahwa dari frigat Kelas Talwar oleh beberapa tahun.
Integrasi senjata pada P-17 dibantu oleh Biro Desain Severnoye Rusia Proyek. Para
frigat siluman yang dirancang untuk menghindari deteksi oleh radar musuh
melalui prinsip mengurangi tanda tangan radar kapal. Kapal tersebut dilengkapi
dengan campuran sistem persenjataan India, Rusia dan Barat bersama dengan kedua
pertahanan udara dan anti-kapal selam kemampuan perang. Mereka juga membawa dua
helikopter canggih. Panjang total kapal yang 142,5 meter, sementara lebarnya
adalah 16,90 meter. Perpindahan total kapal yang 4.900 ton. Mereka yang
didukung oleh turbin gas dan diesel. Ini kapal perang yang mampu kecepatan
lebih dari 30 knot. Fitur utama dari kelas yang diam-diam karakteristik dan
kemampuan lahan-serangan. Kapal-kapal menggabungkan fitur siluman struktural,
thermal dan akustik. Mereka akan dipersenjatai dengan Klub anti-kapal dan rudal
jelajah supersonik BrahMos. Kapal menggunakan 10 gigabit LAN untuk jaringan
mereka. Api sistem kontrol (FCS) yang dikembangkan oleh DRDO dan dibangun oleh
BEL akan digunakan pada frigat kelas Shivalik. Shivalik desain mewujudkan
banyak pertama di DI kapal. Shivalik adalah kapal angkatan laut India pertama
yang menggunakan diesel atau gas gabungan (CODOG) sistem propulsi. Para gearbox
CODOG dirancang dan dibangun oleh Elecon Teknik. Para fregat fitur ATM berbasis
Ship Integrated Data Network (AISDN) yang berfungsi sebagai dasar untuk sistem
komunikasi eksternal dan internal.
The Shivalik INS, menyiapkan untuk
beroperasi pada Desember 2008.
-------------
The
Suasana baru Sistem Pengendalian Jumlah (TACS) untuk AC-kapal dan ventilasi
merupakan kemajuan besar dari sistem yang digunakan pada kapal angkatan laut
India sebelumnya. Ada juga telah
peningkatan penekanan pada kenyamanan kru di kelas ini kapal dengan akomodasi
yang lebih luas yang disediakan untuk para kru. Juga, Shivalik INS adalah kapal
pertama di Angkatan Laut India dengan pembuat chapati-dan dosa-maker on board. Ruang
tamu yang dilengkapi dengan state-of-the-art perabotan modular yang dirancang
khusus untuk Shivalik. Perabotan yang diproduksi di India oleh divisi laut dari
Godrej. Shivalik adalah kapal perang pertama India dengan kabin terpisah untuk
petugas wanita. Sementara mirip dalam banyak hal kabin pria, perbedaan yang
signifikan dalam memiliki kamar mandi dan lemari ruang ekstra.
Kapal
INS
Shivalik, diluncurkan pada tanggal 18 April 2003, dan ditugaskan pada tanggal
29 April 2010. Ini ditunda oleh beberapa bulan karena masalah politik yang
diangkat oleh pemerintahan Obama atas masalah Amerika-built mesin yang
digunakan di kapal. INS Satpura diluncurkan pada tanggal 4 Juni 2004, dan
ditugaskan ke layanan pada tanggal 20 Agustus 2011.
INS
Sahyadri, juga dibangun di dermaga Mazagon. Dia ditugaskan pada tanggal 21 Juli
2012.